Di antara organisme-organisme berbeda, jika terdapat pada tempat yang sama, akan terjadi interaksi yang sifatnya berbeda-beda. Tipe interaksi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Netralisme, jika antara dua organisme baik terpisah atau berkumpul tidal saling merugikan. Misalnya ayam dengan kambing pada suatu halaman berumput.
  2. Mutualisme, jika dua spesies berbeda terpisah, masing-masing tidak dapat hidup selayaknya tetapi kalau keduanya bersatu maka keduanya dapat hidup selayaknya, saling menguntungkan. Misalnya  bakteri Rhizobium sp dengan tumbuhan polongan.
  3. Parasitisme, hidup bersama antara dua organisme yang hanya menguntungkan sepihak saja. Misalkan hubungan antara pinjal kutu dengan kucing.
  4. Predatorisme, hubungan antara pemangsa dengan yang dimangsa. Dalam predatorisme tidak ada gradasi, mangsa dihabiskan seluruhnya oleh pemangsa.
  5. Kooperasi, sinergisme, jika dua organisme hidup bersama maka hubungan saling menguntungkan, tetapi kedua organisme tidak harus hidup bersama. Misalkan antar jamur dengan ganggang pada lumut kerak.
  6. Kompetisi, persaingan antara dua organisme berbeda untuk mendapatkan makann, air, udara, cahaya, ruang dan pasangan kawin.
  7. Komensalisme, hubungan antara organisme pemondok dengan inangnya. Misalnya tanaman epifit dengan inangnya.
  8. Alelopati,  organisme memproduksi dan mengeluarkan suatu senyawa biomolekul (disebut alelokimia) ke lingkungan dan senyawa tersebut memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan organisme lain di sekitarnya.

contoh alelopati