Kegiatan teleconference ini merupakan yang kedua setelah yang dulu dilakukan dengan Mas Hery The dari Honolulu, AS dengan materi TIK. Pada kali ini kegiatan telekonfrence dilakukan pada Hari Kamis, 23 Februari 2012 dengan narasumber Mbak Mutiara Sidharta dengan mapel Biologi, beliau alumnus dari Hokkaido University, Jepang. Kegiatan ini dilangsungkan di kelas karena ruang multimedia kami saat itu dipakai untuk Penilaian Guru Bijaksana tingkat Kota Surakarta. Tanpa mengurangi esensi dari kegiatan ini kami coba di kelas X-9 tepat jam 10.00 WIB.

Di awal kegiatan telco, mbah Mutiara memperkenalkan diri kemudian menjelaskan tentang limbah dan pemanfaatannya. Dimulai dari pengertian, macam dan penanganan limbah organic menjadi kompos. Yang paling menarik adalah penelitian sarjana beliau waktu di ITB yakni PRODUKSI SENYAWA LOVASTATIN OLEH JAMUR Laetiporus sp.  DENGAN METODE FERMENTASI PADAT. Menarik karena ini mencakup materi metode ilmiah, jamur dan limbah, dimana kesemuanya materi kelas X.

Telco ini menarik bagi perhatian siswa karena bisa berkomunikasi dengan narasumber yang berada di Jakarta juga study di Jepang. Kegiatan ini diakhiri dengan tanya jawab dari siswa. Pertanyaan yang disampaikan antara lain:

  1. Selain jamur, apa saja yang bisa digunakan dalam penanganan limbah ?
  2. Dampak apa sajakah bila limbah dibiarkan ?
  3. Dalam penjelasan penelitian bahwa lovastatin berguna sebagai obat pencegah kolesterol. Biasanya lovastatin itu dicampur dengan apa ?
  4. Partikel substat itu apa ?

Terima kasih atas kerjasama semua pihak atas terlaksananya teleconference ini. Se,moga hasil ini dapat bermanfaat bagi kami guru, siswa SMA Batik 1 Surakarta. Tak lupa khusus relawan juga teman-teman di 1000 guru, kami berharap ada kerjasama lagi ke depan bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Bagi yang ingin presentasi beliau silahkan download di sini telco 1000guru – SMA Batik 1 Solo