“Belajar akan sangat melelahkan, belum lagi berbahaya, jika orang harus mengandalkan hanya pada efek dari tindakan mereka sendiri untuk memberitahu mereka apa yang harus dilakukan,. Untungnya perilaku manusia sebagian besar adalah belajar observasional melalui pemodelan: dari mengamati orang lain satu bentuk ide tentang bagaimana perilaku baru dilakukan, dan pada kesempatan kemudian informasi ini kode berfungsi sebagai panduan untuk bertindak. “ 
-Albert Bandura, Teori Belajar Sosial, 1977

 Bandura :Teori Belajar Sosial berpendapat bahwa orang belajar dari satu sama lain, melalui pengamatan, peniruan, dan modeling. Teori ini sering disebut sebagai jembatan antara teori belajar behavioris dan kognitif karena meliputi perhatian, memori, dan motivasi.

 Orang-orang belajar melalui pengamatan perilaku orang lain, sikap, dan hasil dari perilaku. “Kebanyakan perilaku manusia dipelajari observasional melalui pemodelan: dari mengamati orang lain, satu bentuk ide tentang bagaimana perilaku baru dilakukan, dan pada kesempatan kemudian informasi ini kode berfungsi sebagai panduan untuk bertindak.” (Bandura). Sosial teori belajar menjelaskan perilaku manusia dalam hal interaksi pengaruh timbal-balik terus menerus antara kognitif, perilaku, dan lingkungan.

Diperlukan kondisi untuk pemodelan yang efektif:

1.  berbagai faktor Perhatian – peningkatan atau penurunan jumlah perhatian dibayar. Termasuk kekhasan, valensi afektif, prevalensi, kompleksitas, nilai fungsional. karakteristik seseorang (misalnya kapasitas sensoris, tingkat gairah, mengatur persepsi, penguatan masa lalu) mempengaruhi perhatian.

2.  Retensi – mengingat apa yang Anda diperhatikan. Termasuk pengkodean simbolik, citra mental, organisasi kognitif, latihan simbolis, latihan motor

3.  Reproduksi – mereproduksi gambar. Termasuk kemampuan fisik, dan self-pengamatan reproduksi.

4.  Motivasi – memiliki alasan yang baik untuk meniru. Termasuk motif seperti asa masa lalu (behaviorisme tradisional yaitu), berjanji (membayangkan insentif) dan mengganti (melihat dan mengingat model bertulang)